Minggu, 04 Januari 2015

Senyum

                Senin 5 Januari 2015, Jakarta kembali normal dengan kehidupan tak bermanusiawinya. Entah kenapa bisa dibilang begitu, karena selama mata ini memandang banyak sekali orang berlalu lalang mengejar kehidupan menurut versi tiap individu. Memang jika terlalu dipikirkan tidak akan ada habisnya. Wanita setengah baya yang tidak kunjung berkeluarga, Perempuan bisu yang kekeuh untuk mengamen, penjaga toko dengan upah yang sungguh terlalu kecil, penjaga keamanan yang rela lembur sehari penuh selama seminggu demi sekolah anak-anaknya, orang yang kelihatan baik ternyata bermaksud jahat begitu sebaliknya, pejabat ataupun direktur2 perusahaan yang tak pernah puas dengan harta, wanita, dan jabatan, daann berbagai kondisi lainnya. Entah siapa yang harus disalahkan dengan keadaan masyarakat ibu kota yang sedemikian rupa. Pemerintahnya? Penegak hukumnya? Ulama2nya? Atau masyarakatnya sendiri? Tapi, memang tidak ada yang patut untuk disalahkan atas kondisi tersebut. Biar semua itu berjalan sesuai takdir-Nya.

                Tepat dihari yang cerah ini, diri ini kembali menulis setelah vakum kurang lebih setahun. Menulis dikota yang rantau yang berbeda dari sebelumnya. Kota yang tepat untuk memasang topeng “senyum”, senyum walau ada ruang kecil dihati terluka teramat dalam. Luka-luka yang harusnya tidak dipikirkan. Beruntung tempat bekerja mampu menciptakan suasana yang berbeda, tempat yang sudah tujuh bulan.

                Dan diakhir-awal 2015, diri ini mengenal sosok yang tak terduga. Sosok yang mampu membuat diri ini menjadi diri sendiri tanpa topeng, seperti sosok bayangan dalam cermin, persis walau tak sama. Sosok yang ternyata tahu diriku lebih dari yang diduga. Sosok yang penuh senyum namun dapat diprediksi terdapat banyak luka dalam senyum itu. Diri ini takut untuk mencari lebih dalam akan hal itu, biarlah luka sebagai luka yang sudah tertutup dan senyum itu akan terus berkembang. Entah apa yang diri ini rasakan, mencoba menahan perasaan aneh yang terus menghantui sejak kenal sosok tersebut. Diri ini enggan untuk menyelami perasaan aneh tersebut lebih dalam. Biar sang Pemilik Hati menunjukan jalan-Nya kalau itu memang cinta dari-Nya pasti akan dipermudah. Sesuatu yang tak pernah diduga dipengawal tahun 2015.

“ALLAHUMMA YASSIR WALA TU'ASSIR”



Jakarta, 5 Januari 2015
Baca Selengkapnya..

Rabu, 02 Januari 2013

Diantara 2 Waktu 1 Hati



Cieeilahh,, judulnya menggalaukan nih.. Menarik. :) Bukan maksudnya untuk menggalaukan pembaca, mari kita ambil manfaatnya saja.

Di Indonesia sedang sedang musimnya Pancaroba, kadang hujan kadang terang, tapi belakangan hujannya ngerii gan, sampe sekitar kampus ane dalam sejarahnya ane dsini kebanjiran. Katanya sih gara ada bendungan yang jebol, tapi waktu itu ane pas ga di kampus, jadi g ngelihat ni kejadian :D. kembali ke pancaroba nih, yang berarti pergantian musim dari musim hujan ke musim kemarau ataupun sebaliknya. Biasanya sih ortu nasehatin klo lagi musim ginian kudu banyak minum air putih, makan yang teratur, minum susu jangan lupa, dll. Jaga kesehatan pokoknya mah, perhatian banget lah.. hh..

Dalam sistem metabolisme tubuh, musim pancaroba menjadikan momentum bagi dia untuk melatih seberapa tangguh sistem yang kita punyai, tapi jangan macem2 gan, kalau g kuat bisa panas dingin atau ingusan kayak waktu kecil dulu berhari2. hhh.. Intinya tetap sistem ini harus dijaga kestabilannya.

Yang ini beda cerita, tapi tetep ada korelasi. Dimana dsini kemarin ane habis ke daerah perbatasan, perbatasan jateng-jabar cirebon, kata temen ane sih, kota nya sangat berpeluang untuk menjadi kota maju karena letak nya yang strategis, sama kayak kota asal ane brrti nih. :)). Padahal ni kota, panasnyaaa.. Apalagi pernah dilain kesempatan ane kesana dan pengamen2 nya maksa gtu cuy, ane kasih 200an minta nambah, ya kalau suaranya semerdu Maher Zain mah ane tambahin, tapi tetep aja nambahin, ngeri aja ini bukan kota ane.

Memang kota2/Daerah2 perbatasan memiliki magnet tersendiri, tingkat kemakmuran suatu negara/daerah bisa di lihat dari perbatasannya. Contoh klo negara bisa kita lihat singapur, gimana hebat negara sekecil itu bisa menguasai perekonomian ri. Batam, impor/ekspor lewat sini gan, jadi taulah gimana kondisi disana, yang ini nih di Kota Tayan Kab. Sanggau Kalimantan Barat, lokasi film Tanah Surga, daerah perbatasan malaysia-indonesia, tragis, sedih, pilu, akan nasib dsana, recomended buat ditonton nih yang belum nnton. Jadi memang daerah2 perbatasan klo pemerintah nya bener, daerah yang tingkat perhatiannya ekstra tinggi, dari keamanan, kemakmuran, dll..
Daerah perbatasan berpeluang terjadi kemajuan besar atau lebih buruk. Karena daerah potensial, strategis.

Kembali ke Waktu nih, diantara dua waktu ibarat kata seperti daerah yang ane jelasin diatas. Bayangkan aja detik demi detik berlalu, tapi sebenarnya diantara detik itu ada waktu yang g pernah kita perhatikan, yang sebenarnya waktu itu adalah continuitas, bukan diskrit. Waktu memang unik. Dulu waktu ane masih sekolah diantara 2 waktu itu sangat menggalaukan, Antara SMP-SMA, SMA-Kuliah. Untuk Lulus sih, dulu ibadahnya kenceenngg brew. Kalau udah Lulus wuihh, senengnyaa, klau di sekolah2 umum di luar sih biasanya contreng2 baju, keliling2 motoran, macem2lah ga kebayang, untung nya ane sekolahny bukan sekolah umum. hhe.. Ya habis lulus pasti galau akan nasib pendidikan selanjutnya. Kalau lulus SMP, mau lanjut SMA paporit, lulus SMA, kuliah dimanaa yaa, beres Kuliah, bingung? jawab sendiri aja ya.. hho. Semua diantara waktu ini bukan masalah apa yang dikerjakanny, kalau mmang bwt kebaikan. Yang terpenting adalah diantara waktu ini adalah waktu potensial, strategis, menentukan segalanya.

Saat lahir di dunia pun, ane pun dalam kegalauan atau kita2 semua, kita lahir selamat, Ibu kita tidak selamat. Kita tidak selamat, Ibu kita selamat, atau dua2nya selamat. Diantara hidup dan mati Ibu dan kita Sendiri T.T .. Hingga diantara kita meninggalkan dunia ini menuju akhirat juga seperti itu, waktu2 potensial, strategis, menentukan segalanya.

Nasehat orang tua dulu sih klau pergantian sore ke malem (biasanya waktu magrhib) jangan keluar rumah bahaya apa gtu, lupa ane. :) klo sekarang bebas2 aja tuh. Dan juga nasehat nya klo pergantian malam ke pagi, pesannya habis subuh jangan tidur nanti rezekinya dipatok ayam.. wew.. Nah itulah kenapa dalam Islam waktu2 sholat adalah saat yang strategis Subuh - Dhuhur - Asar - Magrhib - Isya'. Disini terjadi pergantian waktu. Dan godaan nyaaa breeww.. ga naahhaann.. Apalagi pas subuh.. hhe..

Soo.. mari satukan hati2 kita diantara dua waktu ini, karena inilah titik potensial, strategis, menentukan banyak hal.
Baca Selengkapnya..

Kamis, 20 Desember 2012

One Heart

Bukan maksud iklan Honda, apa lagi mentang-mentang judulnya ada "heart"nya si penulis lagi jatuh heart,tidak! :P ! Bagi kalangan anak galau mungkin pembahasan kali ini "agak" menarik, kan kalau yang lagi galau suka gambar hati di diarynya, coret-coret ditembok gambar hati lov tapi untung belum ada yang coret-coret genteng(tapi kalo masalah coret-coret ternyata graffiti tembok sudah ada sejak zaman tabiin ketika addhohak berkata kepada ahlul hadits "in sami'tum minni asya' faktubuh walau alal haa-ith" jikalau kalian mendengar dari ku sesuatu hadits atau ilmu maka tulislah walau itu ditembok), senyum-senyum sendiri sambil gambar  heart, take picture lewat  cam laptop njulurin lidah sambil dikasih symbol hati or love,atau poto box berdua ma pacar yg ada nuansa pink nya n banyak bunga plus symbol love,etc, Tapi anehnya kenapa gambar hati dan gambar cinta identik sama ya?padahal bentuk hati alias liver kan lonjong and agak kenyal plus berlendir  gituuh kalau gambar cinta semua sisi simetris J,kalau hati ayam agak persis lah, itu malahan sampai dibuat koreografi di dancenya cherybele "kamu cantik… kamu cantik …dari hatimu" sambil tangan didepan dada and dibentuk lov .(howeeeekgg)

Pena disini tidak ingin memperdebatkan masalah bentuk hati atau gambar cinta atau penyakit liver, satu cerita dari kampus kami disebuah weekend mencekam yang masih tak bisa dilupakan di memori, perlu diingat kalo disebut kata "weekend",perlu diingat kalo disebut kata "weekend" diarab atau timur tengah adalah hari kamis sore dan hari jumat, jadi malam jumat di arab sono adalah malam fun and hapi tapi syar'i, berbalikan dengan Indonesia yang orang-orang awam masih mengkeramatkan malam jumat apalagi jumat kliwon, kembali ke cerita "scary weekend", Kampus kami bersebelahan sekitar kurang lebih 1km dari camp pelatihan tentara yaman, lucunya siang itu terjadi kesalahan yang amat fatal, salah seorang tentara salah tembak dalam latihan hingga terkena gudang penyimpanan senjata dan roket, seketika itu 200 roket meledak dan terbang tak tau arah di langit seantero yaman,para mahasiswa , dosen (baca : syaikh) dan pegawai-pegawai kampus pun lari untuk menyelamatkan diri,karena para mahasiswa beranggapan perang kedua dimulai dari pihak presiden yang telah lengser  dengan pasukan oposisi seperti yang terjadi pada hari-hari revolusi yaman, tak ketinggalan mereka para mahasiswa,dosen dan pegawai yang sudah menikah menyelamatkan keluarga, dan disinilah sebuah  "miracle" terjadi, salah satu pegawai sebut saja mister X menelpon istrinya pada waktu kejadian, hape berdering lalu diangkatlah oleh sang istri,mister X berkata "Beib,CepET4n lOe seMbUnY1 di K4m4R  m4nDi,iNi l3d4K4n nG3ri git000ch"(kalimat ini setelah diterjemahkan lewat google translate dari bahasa arab ke bahasa indo 4L4y,hhe),di karenakan kamar mandi yang letaknya didepan rumah terbuat dari tembok yang lumayan kokoh di banding tembok rumah yang terbuat dari asbes, dan  tidak lama kemudian 1 roket/rudal berdiameter 15-20 cm sepanjang kurang lebih 2 meter (kami menyebutnya "katiusa") jatuh pas dirumah mister X tanpa sedikit pun mengenai kamar mandi yang berada disampingnya, Allahu Akbar.

Itu yang dinamakan FIRASAT, disebutkan dalam syarh kitab aqidah tohawiyah ibn abil 'izz dan syaikh alu syaikh pengertian dari firasat adalah "Cahaya" yang disematkan Alllah pada sebagian hambanya yang dengannya bisa diketahui sesuatu hal yang tersimpan atau tersembunyi pada diri manusia atau dalam pengertian lain suatu "ilmu" yang diberikan kepada diri seorang mukmin denganya bisa mengetahui keadaan apa atau siapa yang ada dihadapannya, termasuk keaadan keimanan ataupun keaadanya dalam hal jujur atau dusta, ataupun menegerti apa yang sedang terpikir dalam benaknya. Disebutkan pula 3 macam firasat yang ada pada manusia

1.  Firasat Imaniah.
Ini hanya terkhusus bagi orang mukmin dengan berdasarkan kekuatan iman dan amalnya, maka mereka bisa membedakan sesuatu dengan jalan dan cara yang berbeda dari manusia yang lain, atau sebagian ada yang menyebutnya karomah, dikarenakan kekuatannya seperti kekuatan atau insting singa ketika mengintai mangsanya,tajam dan akurat.

2.  Firasat Riyadiyah.
Macam ini bisa didapatkan seseorang dari kebiasannya dalam menahan rasa lapar atau jauh dari syahwat dan mengasingkan diri dari manusia, dikarenakan jikalau seseorang terbiasa dengan rasa lapar, atau jauh dari tidur atau sering menyendiri mereka dapat punya spesialisasi dalam menghadapi kejadian-kejadian, Firasat yang satu ini bisa didapat semua muslim dan kafir.Kalau ada yang pernah liat filmnya Cast Away disitu menurut ane Tom Hanks mempunyai spesialisasi firasat macam ini.

3.  Firasat Kholqiyah.
Macam ini berdasarkan bentuk dari penciptaan tiap orang, dan para dokter yang menekuni pada system dan bentuk tubuh mempunyai spesialisasi dalam menyingkap hal yang ada pada manusia, seperti halnya jikalau ada orang yang kepalanya kecil maka identik dengan akalnya yang pendek,begitu juga kebalikannya, ataupun orang yang dadanya besar identik dengan kelapangannya dalam setiap perkara,etc

Adapun pada macam pertama termasuk firasat yang baik ataupun terpuji dikarenakan bersumber dari mukmin dengan kekuatan imannya dalam memandang sebuah perkara, dan macam kedua dan ketiga 50:50 bisa jadi merupakan hal yang baik ataupun sebaliknya.Banyak juga kejadian-kejadian pada sahabat rosul, tabiin maupun salafus sholeh mengenai firasat,salah satunya disebutkan ibnu qoyyim al jauzi dalam kitabnya "turuq al hakimah" pada firasat hasan bin ali rodhiyallahu 'anhumaa ketika si ibnu muljam (yang bunuh abahnya) datang dan berkata kepadanya "eh sini ane pengen bisikin sesuatu nih",padahal si ibnu muljam dah pasang tampang unyu-unyu gitu biar dia mau tapi karena hasan bin ali mempunyai firasat buruk maka dia menolak dan berkata "ente mau gigit kuping ane kan?", si ibnu muljam sambil memicingkan matanya dan mengerutkan dahinya kaya peran antagonis di sinetron-sinetron lalu berkata "sumpah demi Alloh gan,kalo ente sampe datang dimari ane gigit kuping ente habissss sampe lobangnya" ,Begitu juga banyak kisah-kisah firasat dan kepandaian para salaf yang bisa ditilik di kitab tersebut.

 Dikatakan dari hadits rosul yang dihasankan beberapa muhadits tapi lebih kuat pada mereka yang mendho'ifkannya,
(اتقوا فراسة المؤمن فإنه ينظر بنور الله) ثم قرأ قوله تعالى: {إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِلْمُتَوَسِّمِينَ (75)} أي الذين يعرفون الشيء بسمته رواه الترمذي بسند ضعيف
: Berhati-hatilah dengan firasat orang mukmin karenanya melihat (perkara) dengan cahaya Allah,kemudian (rosul) membaca firman Allah ta'ala {sesungguhnya didalamnya terdapat ayat atau tanda-tanda bagi orang yang memperhatikan tanda : yaitu mereka yang mengetahui sesuatu dari tandanya (riwayat tirmidzi)

Disebutkan juga dalam hadits shohih riwayat bukhori yang berkenaan dengan cahaya dan ilmu Allah yang diberikan kepada hambanya,
عن أبي هريرة - رضي الله عنه - قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم - إن الله تعالى قال : من عادي لي وليا فقد آذنته بالحرب ، وما تقرب إلي عبدي بشيء أحب إلي مما افترضت عليه ، و لا يزال عبدي يتقرب إلي بالنوافل حتى أحبه ، فإذا أحببته كنت سمعه الذي سمع به و بصره الذي يبصر به ، و يده التي يبطش بها و رجله التي يمشي بها و لئن سألني لأعطينه ، و لئن استعاذني لأعيذنه
:Dari Abu huroiroh rodhiyallahu 'anhu berkata : bersabda rosulullah sholallahu 'alayhi wa salam Allah ta'ala berfirman : barang siapa yang memusuhi wali ku maka aku mengizinkannya untuk berperang (melawannya dan menjadi perang untuk Allah),dan tidaklah sesuatu yang lebih Aku cintai dari hambaKu melainkan dia bertaqorub kepadaKu dengan apa yang Aku wajibakan kepadanya, dan masihlah hambaKu mendekatkan diri pada Ku dengan amalan-amalan sunah sampai aku mencintainya, Dan apabila Aku telah mencintainya maka Aku slalu benarkan pendengarannya (maka dia tidak mendengar kecuali  hal-hal yang baik) dan penglihatannya Aku jaga (maka dia tidak melihat kecuali kebaikan), tangannya yang ia gunakan untuk bertindak dan kakinya yang ia gunakan untuk berjalan (maka aku selalu menjaganya dalam semua perbuatanya), Dan apabila dia emmintaKu maka sungguh Aku akan kasih, dan apabila dia meminta lindung padaKu maka Aku akan melindunginya.

Dalam hadist ini tersimpulkan kedekatan dan kecintaan Robb kepada hambanya jikalau merealisasikan kewajiban dan sunah-sunahNya, dan penjagaannya yang diberikan kepada hambaNya yang Dia cintai, sebagian dari kelompok muslim mengartikan atau menyimpulkan dengan "wihdatul wujud" (penyatuan Tuhan dengan hambaNya,kaya kepercayaan yunani kuno yang mana dewa bisa bersatu pada diri manusia, atau pada budha yang dewa bisa masuk kapan saja pada diri manusia, itu yang kaya di kartun avatar) yang diambil dari dzahir hadits diatas,ini adalah keyakinan yang salah kaprah dan fatal pada sebagian kelompok sufi atau muslim yang awam,Guru imam Bukhori  Abu Ali Al Juzjani berkata dalam masalah ini ,
كن طالبا للاستقامة لا طالبا للكرامة، فإن نفسك متحدثة في طلب الكرامة، وربك يطلب منك الاستقامة
Berusahalah kalian Istiqomah dalam ibadah dan bukan mencari sebuah karomah (dari diri sendiri atau dari wali), karena jiwamu selalu bergejolak mencari sebuah karomah padahal Robbmu meminta darimu keistiqomahan.

Perasaan, firasat atau pikiran yang terbesit di benak manusia terkadang benar-benar terjadi dan tidak sedikit yang merupakan hembusan dari bisikan setan, karena manusia dibuat dari materi yang sama, mereka bisa saling merasakan satu sama lain,akan tetapi ini yang perlu di garis bawahi, pernah lihat di sinetron atau film ketika seorang ibu menjahit baju lalu tak sengaja ia mencoblos jarinya sendiri, atau ada gelas yang ia pecahkan dan pada waktu sama terjadilah hal yang tidak diinginkan ini bisa dikarenakan relationsip diantara seorang ibu dan anaknya atau suaminya sangatlah kuat, seperti halnya ibunda nabi musa yang ditegarkan hatinya ketika harus sang merelakan sang anak dibesarkan dalam istana ramses, Dan jauh dari itu semua anak muda atau juga tidak sedikit yang tua (-tua keladi) yang tidak beriltizam/taat pada islam mengaku pasangannya atau pacarnya atau TTM nya atau teman lawan jenisnya mereka sebut sebagai garwo (dalam bahasa jawa artinya sigaran nyowo) atau belahan jiwa, yang popular dengan sebutan "soulmate", selalu di SMS atau BBMan atau inbox FB atau RTan di twitter ngakunya "perasaan gue nggak enak beib","firasat ane mengatakan akan terjadi sesuatu nih,takutnya loe ada apa-apa say", ditanya mulu "eh udah makan belon,ntar sakit loh?","udah mandi,ntar bau lho?"ya jelas lah,"udah pedicure?", "udah saunaan say?",sekalian aja tanyai "udah istihdad?"(istihdad : bahasa dari hadits yang artinya memotong pubic hairJ)emang ente siapanya sih sampe khawatir segala, nanyain ini itu lah!? nikah belum, bapaknya juga bukan ,ibunya apalagi, mahrom nggak, saudara sesusuan kapan minumnya?!hahah Tiap jam tiap menit tiap hari isinya khawatir,perasaan nggak enak,firasat apa gitu, nah kalau yang ini sob bukan firasat, kalo perasaan mungkin, Tapi yang jelas itu bisikan setan, biar lebih banyak menikmati yang haram dibanding yang halal, ntar kan kalo dah nikah dah nggak ada yang ditanyain lagi nggak ada yang dikhawatirin lagi and nggak ada yang menarik perhatian lagi, coz semua sudah terungkap, giliran setan bikin misi part 2 untuk membikin mereka nggak nyaman,nggak setia, nggak nikmat dengan pasangan, itu semua taktik setan cuy, Semua bentuk perhatian kita dan kekhawatiran yang diatas wajar kepada lawan jenis sehingga ada yang harus basa-basi untuk menanyakan kabar dan semua hal adalah salah satu cara setan untuk memulai sebuah hubungan non halal, nggak beda jauh lah sama dukun yang dibisiki setan atau jin atas kabar dari langit untuk disampaikan kepada yang datang padanya besoknya muncul di majalah atau Koran kolom zodiac kamu, atau nggak beda juga ma babi ngepet yang selalu khawatir kalo lilinnya mati pasti babinya kena tangkep.
Jangan jadi korban twilight dong, emang situ vampire yang punya firasat kaya edward collin pas nyelamatin kristen steward, yang lebih ma'qul si jacob harusnya punya insting and firasat lebih kuat dibanding vampire-vampire,kan dia srigala jadi punya indra keenam dong.
Dalam hadits rosul disebutkan,

إذا سمعتم نُبَاحَ الكلب ونهيقَ الحمارِ بالليلِ فَتَعَوَّذُوا باللهِ من الشيطانِ فَإِنَّهُنَّ يَرَيْنَ ما لا تَرَوْنَ وأَقِلُّوا الخروجَ إذا هدأت الرِّجْلُ فإنَّ اللهَ يبثُّ فى ليلِهِ من خَلْقِهِ ما يشاءُ وأجيفوا الأبوابَ واذكروا اسمَ الله عليها فإنَّ الشيطانَ لا يفتحُ بابًا أُجِيف وذُكِرَ اسمُ اللهِ عليه وغَطُّوا الجِرَارَ وَأَوْكُوا القِرَبَ وَأَكْفِئُوا الآنيةَ
:Jika kalian mendengar gongongan anjing dan ringkikan keledai pada malam hari hendaklah kalian bertaawudz (meminta perlindungan) kepada Allah dari setan, karena mereka melihat apa yang kalian tidak lihat (jin dan setan), dan jangan perbanyak keluar ketika jalan-jalan tenang dari kaki-kaki manusia, Karena Allah menebarkan pada malam hari makhluq-makhluqnya yang Ia kehendaki , dan kuncilah pintu-pintu dan ucapkanlah nama Allah ketika menutupnya, karena setan tidak bisa membuka pintu yang telah terkunci dikarenakan tidak diizinkan Robbnya untuk itu, dan tutuplah bejana-bejana, dan bejana yang berisi air, dan baliklah bejana-bejana itu.
Dalam hadits ini dijelaskan larangan berjalan atau keluar sendirian pada malam hari,dikarenakan giliran "makhluq lain" yang mencari kesibukan dan menyebarkan kerusakan dan ditakutkan mereka akan menganggunya, makhluq dari jin, setan (ada pocong, gendruwo, kunti, etc) dan dari manusia (ada mereka yang pergi ndugem,ada yang mabok, ada yang mangkal di samping jalan dengan make up menor sambil melambai-lambaikan tangannya,dan berkata "mampir mas?!",kalau yang ini menganggu iman ,tapi kalau yang dandanan menor dikira cakep tapi pas deket kolomenjingnya gede, tangannya terlihat bisep dan trisepnya ,kakinya berbulu,kalo malem gina kalo pagi gono,yang ini menganggu pemandangan…ohook) ,Dan anjuran menutup semua bejana agar tidak jatuh didalamnya bintang beracun dan membahayakan atau sesuatu yang membikin najis,nggak lucu kan ada kalajengking masuk ke galon air.Dan yang terakhir anjuran untuk berta'awudz ketika mendengar gonggongan anjing,atau ringkikan keledai,bukan malah sok jagoan tanpa isti'adzah tanpa doa pergi keluar bawa pentungan pas liat yang item-item malah ngaciir kaya di film-film horror.
Lah kok sampai pake hadis segala,Tapi bagaimanapun "mereka" (orang-orang kafir) lebih hina dari pada binatang ternak ,srigala atau anjing-anjing yaman (ada tambahan yaman karena setahu ane anjing yaman anjing yang paling hina karena sering dilempari dan disiksa sama anak-anak SD,bahkan terkadang diinjak-injak kalau ketangkep,pokoknya mereka tertindas,hina dina,ane juga baru tahu diyaman anjing takut lewat kalau ada orang-orang nongkrong,biasanya kan orang takut lewat kalo ada anjing-anjing kongkowJ)
Pernah juga dulu ane dipesantren punya teman yang konon katanya dia punya telepati ma bapaknya, jadi kalo bapaknya mau datang njenguk, dia bisa pesan bawain makanan dari rumah(lha kok enak!), sampai sekarang masih nggak percaya ma tu anak, apa mungkin ane dulu terlalu ingusan and looser hingga pantas buat dikibulin :D, apa lagi baru-baru ini rame-ramenya agen neptunus, semacam kelompok sesat bin alay yang baru muncul dari novel perahu kertas yang difilmkan, 2 telunjuk diatas kepala buat radar ,,,tuiiink tuuinnk tuiink,emangnya satria baja hitam RX,hhe

Sangat disayangkan remaja bahkan umat muslim sekarang sudah banyak yang  melupakan bahkan acuh atas kondisi umat di belahan dunia lain, tak ada rasa khawatir, cuek, atau menganggapnya bukan termasuk bagian dari hidupnya. Ini baru yang dinamakan MUSIBAH, prophet said :
تَرَى الْمُؤْمِنِينَ فِى تَرَاحُمِهِمْ وَتَوَادِّهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ كَمَثَلِ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى عُضْوًا تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ جَسَدِهِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى
:Permisalan seorang mukmin dengan mukmin yang lain dalam kasih sayangnya, dalam kecintaannya, dalam kelembutannya adalah seperti satu badan, apabila salah satu anggota tubuh tersebut merasakan sakit maka anggota badan lain pun akan ikut merasakan demam dan insomnia.(bukhori)

n from anas prophet said again :
لا يؤمن أحدكم حتى يحب لأخيه ما يحب لنفسه
:Tidak beriman (iman yang sempurna) seorang dari kalian sampai dia mencintai saudaranya (muslim) seperti dia mencintai dirinya sendiri.(mutafaqun 'alayh)

Pernah nggak kita merasa nggak comfort ketika saudara-saudara kita di Rohingya-Burma dibakar hidup-hidup?eh malah jawabnya "masa sih?"lah belum tau ya?gimana bisa tau BBMan mulu ma yayang. Bukannya seperti hadist diatas muslim satu sama lain seperti "One Heart,One Body", Mereka yang lebih pantas diperhatikan, dikhawatirkan, didukung, dibantu, dimutaba'ah (ikuti) kabarnya, dan dicinta. Apakah pernah merasa sedih,resah atau miris ketika muslimah-muslimah negri syam berteriak ketika kehormatannya dikoyak, atau pernahkah merasa galau,bingung,deg-degan ketika bayi-bayi palestine terhambur otaknya oleh rudal-rudal nusairiyah.  
Yang ada juga jawaban sama "terus gue harus bilang WOW sambil koprol gitu",wuih gue baru tau tuh, ya jelas dong statusnya aja cinta-cinta nggak jelas, kadang lagu-lagu mellow, atau perasaan hati gue gitoooch!May Allah guide u…
Pernah merasa marah, emosi, ada energy penolakan ketika rosulullah atau syiar-syiar islam dihina, dicaci, dikucilkan???Yang ada juga masih keasyikan maen angry bird atau plant VS zombie…
Atau pernah merasa nggak konsen atau bad mood ketika muslimin yang mengkaji islam dipondok pesantren difitnah sebagai teroris,atau ketika jamaah muslimin diberantas DENASUS dengan dugaan membikin terror dan meresahkan warga???
Atau pernah seharian ngrasa nggak enjoy gara-gara dengar atau liat berita mujahidin atau muslimin afghan digempur pasukan asing???palingan masih dengan alasan yang sama "waduuuh,kalo gue sih sob seharian confuse kalo SMS gue nggak dibales ma doi","panas dingin kalo seminggu belum ketemu","masuk angin kalo sehari aja nggak nelpon atau ditelpon"...What the hell is it!!!
Ini yang dinamakan musibah terbesar bagi seorang muslim ketika mereka tidak ikut merasakan kegalauan, kepedihan, penderitaan saudara-saudaranya muslim yang lain, Untuk itu sang pena hanya mengajak untuk kembali menumbuhkan, mengembang-biakkan, memupuk, menyuburkan, menyadarkan rasa solidaritas dan loyalitas kepada semua ikhwah muslimin di semua belahan negri Allah, Kita dukung mereka dengan ILMU, DOA, HARTA & JIWA. Kita bawa rasa sakit dan penderitaan mereka seperti halnya rasa sakit ditubuh kita. Galang semua bentuk bantuan & dukungan kepada mereka, tanpa embel-embel partai, jamaah tertentu, organisasi, atau instansi tertentu, tapi dengan ambel-embelIMAN & UKHUWAH.
Because I m moslem n U are moslem n We are moslem... We together should be fell of pain this Umah!!!


والله أعلم بالصواب والله والي التوفيق
Allahummanshuril Islam wal Muslimin...Wanshuril mujahidin wal mustadh'afiina fi kulli makan...Wahlikil kuffaro wal munafiqin...Waj'al kaydahum fi nuhurihim...

*NB : Satu cerita tambahan pas gudang senjata yang ane ceritain diatas meledak ada seorang ayah dan anak yang Uji Nyali menantang adrenalin dengan memvideo kejadian tersebut dikarenakan rumahx yang bersebelahan dengan gudang, mungkin asyik kaya acara pas tahun baru kali ya soalnya yang ini air mancurnya lebih gede n keliatan lebih natural, wal hasil mereka sekarang Almarhumin insya Allah.


Catatan Sahabat di TimurTengah
Baca Selengkapnya..

Kamis, 27 September 2012

Sang Guru

Ditaun 90an seorang ank yg sedang tumbuh dilingkungan berkecukupan. Serba cukup lah pkoknya.:) Namanya berinisial “S”

Singkat cerita Si S ini menjalankan studi menengah atas dg perjuangan yg keras, begtu jg sekolah yg ditempatinya. Sama2 berjuang.. :D

Sekolahny berjuan mati2an utk bertahan dtengah sekolah elit2 negri. Guru2 datang silih berganti tak kuasa menrima kondisi sekolah tsb

Ya. Kondisi sekolah ini bagi kalangan bercukupan sudah cukup mewah, apalagi bagi si S. Dy pun cukup senang.

Namun dg kondisi guru yg silih berganti, membuatny malas2an dan sering bolos, walaupun secara intelektual g jauh dr tmn2nya

Hingga akhirnya pun dy diwisuda didepan ratusan pasang mata. Bahagia.
Setelah bertaun2 dy mengarungi kehidupan setelah lulus dy kembali dg tmn2 ny k sekolah tsb yg jg masih berjuang.

Dy pun sekilas mengamati. Tidak ada perubahan kecuali guru2nya. Lalu dy mengunjungi masing2 guru ny. Bnyak yg dia tidak kenal

Dan hingga akhirnya bertemu dengan seorang guru. Dimana dulu ketika diajar oleh sang guru dy selalu tidur dikelas.

Dipikirannya pun ada sejumlah prtnyaan. pertnyaan yg paling besar adlah mngapa sang guru masih bertahan??

Padahal guru ini secara kualitas ga kalah dg guru diluar, diluar negri malah.. Dg gaji sekian mngapa masih bertahan?? Mengapa?

Sang guru secara pengajaran selalu mengajar dengan baik. Walaupun ketika diajar si S ini banyak tidur.

Setelah lama berfikir dy pun menyadari 1. Bahwa seorang guru tetaplah guru. Walau kini rupa anak2nya bermacam2. #dedikasi

2 bahwa totality and loyality akan mmbentuk #dedikasi yg begitu hebat. Sehingga sang guru tetap bertahan. Akhirnya si S ini mendpatkan 2 pljran sngat berharga dr pljaran biasa, dan nasehat2nya pun kini selalu terngiang-ngiang.

Totality + Loyality = #dedikasi
#story2
Baca Selengkapnya..

Jumat, 14 September 2012

Bukan Sembarang Raja




Dikisahkan suatu kerajaan dimana sang raja akan memberikan mahkota kepada sang anak karena usia yang sang raja sudah uzur.

Lalu diperintahkanlah sang penasehat untuk menggembleng anak tsb sehingga pantas utk menjadi raja

Sang penasehat dan anak kemudian pergi kesebuah hutan.

Dan anak pun disuruh pergi ke tengah hutan sendirian selama 4jam,

4jam pun berlalu,

Ditanyalah sang anak : apa yang kamu dengar di tengah hutan sana. Jawab anak : suara pohon dan burung.

Mendengar jawaban tsb sang anak disuruh kembali ketengah hutan selama 5jam

5jam berlalu sang anak kembali dan bercerita saya mendengar angin sepoi sepoi dan air sungai

"Kembali sampai 5 jam!!"

Tanpa bertanya sang anak kembali dan selama 5jam sekarang lebih tenang

Akhirny ia kembali dg berkata "saya telah mendengar suara gerakan cacing didalam tanah"

Maka pamannya pun menjawab "sekarang pulang lah"

#story1


Baca Selengkapnya..

Kamis, 15 Maret 2012

Si 23

APAKAH ANAK-ANAK HARUS RANGKING 1 ?



Si Ranking 23 : “Aku ingin menjadi orang yang bertepuk tangan di tepi jalan”



Di kelasnya terdapat 50 orang murid, setiap kali ujian, anak perempuanku tetap mendapat ranking ke-23. Lambat laun membuat dia mendapatkan nama panggilan dengan nomor ini, dia juga menjadi murid kualitas menengah yang sesungguhnya. Sebagai orangtua, kami merasa nama panggilan ini kurang enak didengar,namun ternyata anak kami menerimanya dengan senang hati.

Suamiku mengeluhkan ke padaku, setiap kali ada kegiatan di perusahaannya atau pertemuan alumni sekolahnya, setiap orang selalu memuji-muji “Superman cilik” di rumah masing-masing, sedangkan dia hanya bisa menjadi pendengar saja. Anak keluarga orang, bukan saja memiliki nilai sekolah yang menonjol, juga memiliki banyak keahlian khusus. Sedangkan anak kami rangking nomor 23 dan tidak memiliki sesuatu pun untuk ditonjolkan. Dari itu, setiap kali suamiku menonton penampilan anak-anak berbakat luar biasa dalam acara televisi, timbul keirian dalam hatinya sampai matanya begitu bersinar-sinar.



Kemudian ketika dia membaca sebuah berita tentang seorang anak berusia 9 tahun yang masuk perguruan tinggi, dia bertanya dengan hati kepada anak kami: “Anakku, kenapa kamu tidak terlahir sebagai anak dengan kepandaian luar biasa?” Anak kami menjawab: “Itu karena ayah juga bukan seorang ayah dengan kepandaian yang luar biasa”. Suamiku menjadi tidak bisa berkata apa-apa lagi, saya tanpa tertahankan tertawa sendiri.

Pada pertengahan musim, semua sanak keluarga berkumpul bersama untuk merayakannya, sehingga memenuhi satu ruangan besar di sebuah restoran. Topik pembicaraan semua orang perlahan-lahan mulai beralih kepada anak masing-masing. Dalam kemeriahan suasana, anak-anak ditanyakan apakah cita-cita mereka di masa mendatang? Ada yang menjawab akan menjadi pemain piano, bintang film atau politikus, tiada seorang pun yang terlihat takut mengutarakannya di depan orang banyak, bahkan anak perempuan berusia 4½ tahun juga menyatakan bahwa kelak akan menjadi seorang pembawa acara di televisi, semua orang bertepuk tangan mendengarnya.

Anak perempuan kami yang berusia 15 tahun terlihat sangat sibuk sekali sedang membantu anak-anak kecil lainnya makan. Semua orang mendadak teringat kalau hanya dia yang belum mengutarakan cita- citanya kelak. Di bawah desakan orang banyak, akhirnya dia menjawab dengan sungguh-sungguh: Kelak ketika aku dewasa, cita-cita pertamaku adalah menjadi seorang guru TK, memandu anak-anak menyanyi, menari lalu bermain-main. Demi menunjukkan kesopanan, semua orang tetap memberikan pujian, kemudian menanyakan akan cita-cita keduanya. Dia menjawab dengan besar hati: “Saya ingin menjadi seorang ibu, mengenakan kain celemek bergambar Doraemon dan memasak di dapur, kemudian membacakan cerita untuk anak-anakku dan membawa mereka ke teras rumah untuk melihat bintang”. Semua sanak keluarga tertegun dibuatnya, saling pandang tanpa tahu akan berkata apa lagi. Raut muka suamiku menjadi canggung sekali.



Sepulangnya kami kembali ke rumah, suamiku mengeluhkan ke padaku, apakah aku akan membiarkan anak perempuan kami kelak menjadi guru TK? Apakah kami tetap akan membiarkannya menjadi murid kualitas menengah? Sebetulnya, kami juga telah berusaha banyak. Demi meningkatkan nilai sekolahnya, kami pernah mencarikan guru les pribadi dan mendaftarkannya di tempat bimbingan belajar, juga membelikan berbagai materi belajar untuknya. Anak kami juga sangat penurut, dia tidak lagi membaca komik lagi, tidak ikut kelas origami lagi, tidur bermalas-malasan di akhir minggu tidak dilakukan lagi. Bagai seekor burung kecil yang kelelahan, dia ikut les belajar sambung menyambung, buku pelajaran dan buku latihan dikerjakan terus tanpa henti.

Namun biar bagaimana pun dia tetap seorang anak-anak, tubuhnya tidak bisa bertahan lagi dan terserang flu berat. Biar sedang diinfus dan terbaring di ranjang, dia tetap bersikeras mengerjakan tugas pelajaran, akhirnya dia terserang radang paru-paru. Setelah sembuh, wajahnya terlihat semakin kurus. Akan tetapi ternyata hasil ujian semesternya membuat kami tidak tahu mau tertawa atau menangis, tetap saja rangking 23. Kemudian, kami juga mencoba untuk memberikan penambah gizi dan rangsangan hadiah, setelah berulang- ulang menjalaninya, ternyata wajah anak perempuanku kondisinya semakin pucat saja.



Apalagi, setiap kali akan menghadapi ujian, dia mulai tidak bisa makan dan tidak bisa tidur, terus mencucurkan keringat dingin, terakhir hasil ujiannya malah menjadi nomor 33 yang mengejutkan kami. Aku dan suamiku secara diam-diam melepaskan aksi tekanan, dan membantunya tumbuh normal.

Dia kembali pada jam belajar dan istirahatnya yang normal, kami mengembalikan haknya untuk membaca komik, mengijinkannya untuk berlangganan majalah “Humor anak-anak” dan sejenisnya, sehingga rumah kami menjadi tenteram damai kembali. Kami memang sangat sayang pada anak kami ini, namun kami sungguh tidak memahami akan nilai sekolahnya. Pada akhir minggu, teman-teman sekerja pergi rekreasi bersama. Semua orang mempersiapkan lauk terbaik dari masing- masing, dengan membawa serta suami dan anak untuk piknik. Sepanjang perjalanan penuh dengan tawa dan guyonan, ada anak yang bernyanyi, ada juga yang memperagakan karya seni pendek. Anak kami tiada keahlian khusus, hanya terus bertepuk tangan dengan sangat gembira.



Dia sering kali lari ke belakang untuk mengawasi bahan makanan. Merapikan kembali kotak makanan yang terlihat sedikit miring, mengetatkan tutup botol yang longgar atau mengelap wadah sayuran yang bocor ke luar. Dia sibuk sekali bagaikan seorang pengurus rumah tangga cilik. Ketika makan terjadi satu kejadian di luar dugaan. Ada dua orang anak lelaki, satunya adalah bakat matematika, satunya lagi adalah ahli bahasa Inggris. Kedua anak ini secara bersamaan berebut sebuah kue beras yang di atas piring, tiada seorang pun yang mau melepaskannya, juga tidak mau saling membaginya. Walau banyak makanan enak terus dihidangkan, mereka sama sekali tidak mau peduli. Orang dewasa terus membujuk mereka, namun tidak ada hasilnya. Terakhir anak kami yang menyelesaikan masalah sulit ini dengan cara yang sederhana yaitu lempar koin untuk menentukan siapa yang menang.



Ketika pulang, jalanan macet dan anak-anak mulai terlihat gelisah. Anakku membuat guyonan dan terus membuat orang-orang semobil tertawa tanpa henti. Tangannya juga tidak pernah berhenti, dia mengguntingkan banyak bentuk binatang kecil dari kotak bekas tempat makanan, membuat anak-anak ini terus member pujian. Sampai ketika turun dari mobil bus, setiap orang mendapatkan guntingan kertas hewan shio-nya masing-masing. Ketika mendengar anak-anak terus berterima kasih, tanpa tertahankan pada wajah suamiku timbul senyum bangga. Selepas ujian semester, aku menerima telpon dari wali kelas anakku.



Pertama-tama mendapatkan kabar kalau nilai sekolah anakku tetap kualitas menengah. Namun dia mengatakan ada satu hal aneh yang hendak diberitahukannya, hal yang pertama kali ditemukannya selama lebih dari 30 tahun mengajar. Dalam ujian bahasa ada sebuah soal tambahan, yaitu siapa teman sekelas yang paling kamu kagumi dan alasannya. Selain anakku, semua teman sekelasnya menuliskan nama anakku. Alasannya pun sangat beragam : antusias membantu orang, sangat memegang janji, tidak mudah marah, enak berteman, dan lain-lain, paling banyak ditulis adalah optimis dan humoris.



Wali kelasnya mengatakan banyak usul agar dia dijadikan ketua kelas saja. Dia memberi pujian: “Anak anda ini, walau nilai sekolahnya biasa-biasa saja, namun kalau bertingkah laku terhadap orang, benar-benar nomor satu”. Saya bercanda pada anakku, kamu sudah mau jadi pahlawan. Anakku yang sedang merajut selendang leher terlebih menundukkan kepalanya dan berpikir sebentar, dia lalu menjawab dengan sungguh-sungguh: “Guru pernah mengatakan sebuah pepatah, ketika pahlawan lewat, harus ada orang yang bertepuk tangan di tepi jalan.”

Dia pun pelan-pelan melanjutkan: “Ibu, aku tidak mau jadi Pahlawan aku mau jadi orang yang bertepuk tangan di tepi jalan.” Aku terkejut mendengarnya dan mengamatinya dengan seksama. Dia tetap diam sambil merajut benang wolnya, benang warna merah muda dipilinnya bolak balik di jarum, sepertinya waktu yang berjalan di tangannya mengeluarkan kuncup bunga. Dalam hatiku pun terasa hangat seketika. Pada ketika itu, hatiku tergugah oleh anak perempuan yang tidak ingin menjadi pahlawan ini. Di dunia ini ada berapa banyak orang yang bercita-cita ingin menjadi seorang pahlawan, namun akhirnya menjadi seorang biasa di dunia fana ini.



Jika berada dalam kondisi sehat, jika hidup dengan bahagia, jika tidak ada rasa bersalah dalam hati, mengapa anak-anak kita tidak boleh menjadi seorang biasa yang baik hati dan jujur. Jika anakku besar nanti, dia pasti menjadi seorang isteri yang berbudi luhur, seorang ibu yang lemah lembut, bahkan menjadi seorang teman kerja yang gemar membantu, tetangga yang ramah dan baik. Apalagi dia mendapatkan ranking 23 dari 50 orang murid di kelasnya, kenapa kami masih tidak merasa senang dan tidak merasa puas? Masih ingin dirinya lebih hebat dari orang lain dan lebih menonjol lagi? Lalu bagaimana dengan sisa 27 orang anak- anak di belakang anakku? Jika kami adalah orangtua mereka, bagaimana perasaan kami?



di copy dari note share temen


aku hanyalah manusia biasa.
Baca Selengkapnya..

Selasa, 06 Maret 2012

Mulai dari DiriSendiri


Form Our Self, kira2 begitu lah judulny. "wa'alaikmslm," suatu jawaban yang tiba2 masuk kedalam sebuah pesan msuk, mungkin dsana menunjukkan pukul 08.00 PM, & dengan keadaan dsini dmna kehidupan dunia telah sirna hanya untuk beberapa jam sampai kokok ayam terdengar.. saat itu pula aku baca..

kata demi kata sling mengikuti, ternyata qaku pun tertarik untuk trus mmbacanya wlwpun hanya beberapa baris tetapi lebih mentitik beratkan suatu yang besar.. kusisihkan wktuq sebentar,, aku pun mulai membaca..

"Smw ad dlm dri qta ,tnggl siapa yg mw dbls diakhr dgn yg baik atw bruk,cma tntngnx adlh dlm SABAR dn mMAKSA diri qt tu'slalu amal sholh& "

aku pun mulai penasaran untuk terus membacanya, dengan mata yang mulai tertutup.. oh tidak!! entah kenapa mata q mulai hidup kembali,,

"jgn lpa!Slalu cri lngkungn nd tmen yg bs mensuport!"

dsni aku pun mulai berpikir.. (yahh, males nya),, kata2 itu pun berlanjut...

Krn istqmah,adlh jln para nabi,shidqn,dn syuhada,yg tak bs dlwati olh org yg brjwa kcil dn pngecut!

aku pun merasa terhenyak sebentar,, dan ....
pesan itu ditutup dengan

"Allah yuwafiqunaa jami'an!ma'akum najah!
afwn,jwb pke sms pulsa mpet!syukran,afwan!"

tau kalimat tambahan "takutlah kepada ALLAH SWT" satu kalmat yang akan trus terngiang d pikiran yang mengalahkan segala pikiran...


saat itu jua aku tidak bisa mnikmati mlm untuk istirahat..
o y!! ingatan q mulai kemabali (kyk org insomnia XD).. pesan trsbut merupakkan blasan ketika dlu aku mngirimkan pesan lewat sms kepada orang tholabul ilmi tanpa mengnal jarak.. dan juga teringat bahwa malam ini adlah malam yang paling berkesan buat kehidupan ku yaitu ketika aku mulai bernafas di kehidupan yang smentara ini..

* Bandung
1 Oktober 2009
02.00 WIB

* revisi 31 januari 2010 #ternyata ada revisi nya juga. :D
Baca Selengkapnya..